PASURUAN | SWARALIN – Air mengalir sampai jauh ternyata hanya kata kiasan terbukti Beberapa daerah di wilayah Kota Pasuruan mengeluh dengan tidak mengalirnya air PDAM dalam beberapa minggu ini, pentingnya air bersih dari PDAM merupakan kebutuhan pokok sehari – hari.
Berhenti nya aliran air dari PDAM dibenarkan oleh Faida (36) warga Blandongan, Kacamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan rabu 29/05/2024 yang mengeluh karena air bersih dari PDAM pada awalnya mengalir hanya kecil, kini tidak mengalir sudah hampir 3 hari.
“Saya kecewa dengan pelayanan PDAM mas ,dari kemaren masih mengalir walaupun kecil. Tapi sudah beberapa hari ini air tidak mengalir sama sekali, bayar bulanan gak boleh telat namun pelayanan kayak gini. Sampai bingung mau mencukupi kebutuhan air,” ujar Faida saat ditemui awak media.
Keluhan warga Sekar Indah, Churiati (49) mengungkapkan bahwa dirinya sangat jengkel dengan pelayanan dari PDAM, karena sudah coba melaporkan melalui pengaduan, namun tidak ada hasil yang memuaskan.
“Masak saya harus kembali melapor pengaduan keluhan setelah 1 Minggu lagi, tanpa ada solusi yang bisa didapat saat melapor ke PDAM. Gimana si kinerjanya, kok seenaknya suruh orang bolak balik melapor tanpa di kasih informasi yang pasti,” ungkap Churiati.
Terdapat beberapa titik di wilayah yang mengalami kejadian air tidak mengalir padahal sudah menjadi pelanggan PDAM yang meliputi Blandongan, Wirogunan, Hayam Muruk, Perum Tiara Candi 1 juga 3, Sekar Gadung, Sekar Indah, Bintingan dan beberapa wilayah lain di Kota Pasuruan.
Wilayah-wilayah tersebut sudah tidak mendapatkan pelayanan air bersih hampir selama 3 hari, bahkan sudah ada wilayah yang airnya tidak mengalir selama beberapa minggu. Terdapat beberapa wilayah yang warganya saling iuran untuk membeli air bersih melalui mobil tangki dalam memenuhi kebutuhan air bersih.
Direktur PDAM Kota Pasuruan, Yoyok Widoyoko saat hendak ditemui sedang ada diluar kantor, dan saat dikonfirmasi melalui pesan singkat WhatsApp menerangkan bahwa dirinya sedang ada di Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan serta hendak bersiap akan keluar kota dengan urain pesan singkat, “Pripun ini masih di pemkot, persiapan ke Jogya..” balas Direktur dalam pesan singkatnya.
Yoyok selaku direktur menerangkan bahwa pada hari Senin terdapat pipa pecah 4 meter, yang berada di Desa Sidepan sama Winongan, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan yang mengakibatkan penghentian pelayanan.
“Sebenarnya dari minggu lalu kami sudah merencanakan perbaikan mulai senin, dan kemarin 4 titik dapat kami selesaikan, tadi malam jam 7 mulai kami tingkatkan dengan tekanan pompa, namun ada kendala Gibol Joint, karet tidak dapat berfungsi sempurna, dan harus kami ganti ulang semuanya. Insya Allah hari ini (Rabu, 29/05/2024. Red) dapat mengalir, bila tdk ada kendala lain,” terang Yoyok.
Masih kata Direktur bahwasannya, penanganan ini juga bagian upaya dalam meningkatkan kwantitas layanan kepada konsumen. Bila kebocoran tidak ditangani akan menyebabkan pasokan serta tekananan air tidak ada di pelanggan.
“Kami berharap para pelanggan dapat memaklumi upaya-upaya yang kami lakukan ini untuk meningkatkan layanan, dan mohon bersabar,” ungkap Yoyok.
Hingga berita ini tayang masih belum ada pembenahan lantas awak media mencoba menghubungi pelanggan yang mengeluh, dan didapati air dari saluran PDAM masih tetap belum mengalir.(Arie/Red)